Sabtu, 17 November 2012

Definisi Impulse Buying


impulse buying  adalah perilaku orang yang tidak merencanakan sesuatu dalam berbelanja. Konsumen yang melakukan impulse buying tidak berpikir untuk membeli produk atau merek tertentu. Mereka langsung melakukan pembelian karena ketertarikan pada merek atau produk saat itu juga. Rook dan Fisher misalnya pernah mendefinisikan impulse buying  sebagai kecenderungan konsumen untuk membeli secara spontan, reflek,tiba-tiba, dan otomatis.Dari definisi ini terlihat bahwa
impulse buying merupakan sesuatu yang alamiahdan merupakan reaksi yang cepat. Namun demikian, dalam situasi dan waktu apa ituterjadi, memang tidak dijelaskan. Jadi impulse buying ini bisa terjadi di mana saja dankapan saja. Termasuk pada saat melihat iklan di televisi atau billboard, dan kemudian sikonsumen langsung membeli. Namun demikian, istilah ini lebih sering dipakai di duniaritel.
impulse buying terjadi pada saat si konsumen masuk ke toko ritel dan ternyatamembeli produk di ritel tersebut tanpa merencanakan sebelumnya.


Hal-hal yang Mempengaruhi Konsumen untuk Melakukan Impulse Buying

Ada beberapa hal yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan
impulse buying, yaitu :

1.         Produk yang memiliki kesempatan untuk terjadinya impulse buying umumnyaadalah produk yang memiliki harga rendah sehingga konsumen tidak perlu berpikir untuk menghitung bajet yang dimilikinya.
2.        Produk-produk yang memiliki mass advertising, sehingga ketika berbelanja sikonsumen ingat bahwa produk tersebut pernah diiklankan di televisi.
3.        Produk-produk dalam ukuran kecil ringan dan mudah disimpan. Biasanya,konsumen mengambil produk ini karena dianggap murah dan tidak terlalumembebani keranjang atau kereta belanjanya.
4.          Hal lain yang bisa mempengaruhi orang melakukan impulse buying adalah produk self-service . Misalnya si konsumen bisa menuang sendiri minumannya ataukonsumen bisa langsung memanaskan makanannya lewat microwave. Selain itu,kemampuan si pemasar membuat visualisasi yang baik juga bisa menciptakanimpulse buying.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar